Buat Ortu, Waspada Penipuan Beasiswa

by

SINJAI,BB – Orang tua siswa di Kabupaten SInjai sebaiknya berhati-hati menerima kabar dari orang tak dikenal. Apalagi jika hanya melalui sms atau bahkan via telpon dari pelaku penipuan.

Baru-baru ini, penipuan mengatasnamakan penerima bea siswa menelan korban. Jutaan uang raib gara-gara meladeni sang penipu. Dilansir dari Radio Suara Bersatu, satu orang tua Siswa SMA Negri 2 Sinjai utara menjadi korban oknum tersebut pada hari Rabu, 27/1/16.

Ita Warga BTN Cemmeng yang juga salah seorang tenaga Sukarela di RSUD Sinjai bersama orang tuanya harus mengikhlaskan uang sebesar Rp 4.000.000 melayang begitu saja. Ia menuturkan bahwa adiknya mendapatkan Beasiswa dari Oknum yang mengatas namakan Kepala Sekolah SMA 2 Sinjai Drs Arham.

Sekolah SMA 2 yang menyatakan kalau ade saya mendapatkan beasiswa sebesar Rp 3.500.000, Setelah itu ia merasa seperti terkena hipnotis. Sebab ketika korban berada di ATM, korban terus dipandu si pelaku untuk menekan nomor-nomor tertentu hingga akhirnya uang sejumlah Rp 4000.000 lebih ditransfer.

Sang penipu telah menghubungi beberapa orangtua siswa dan berusaha meyakinkan orang tua siswa akan memberikan beasiswa kepada anak mereka sebesar Rp 3.500.000 per-siswa.

Menurut pengakuan Salah seorang orang tua siswa yang enggan namanya disebut juga telah melakukan transfer sebesar Rp 10.000.000 sebagai syarat agar beasiswa tersebut bisa dicairkan lewat bank.

Ita bersama ibunya kini telah melaporkan kasus penipuan ke Polres Sinjai guna dilakukan penyelidikan. Adapun nomer yang dipakai pelaku yakni 082122559615.