Studi: Dengar Kicauan Burung Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Studi Baru Dengar Kicauan Burung

Kicauan burung bisa membawa manfaat bagi kesehatan mental. (Foto: PMJ News/Dok Net) (Beritasinjai.com)

BERITASINJAI.COM – Ada banyak alasan mengapa mereka memelihara burung, ada yang memelihara karena suka pada warna burung yang indah, dan ada pula karena suka suara kicauan burung yang bagus.

Bagi penggemar burung, jenis burung kicau tentu saja mendapatkan perhatian tersendiri di hati para penggemarnya.

Tak hanya bentuk tubuhnya yang menggemaskan, burung juga menjadi hewan peliharaan yang banyak diidolakan.

Seperti dikutip Beritasinjai.com dari laman PMJ News. Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari King’s College London mengungkapkan bahwa burung adalah hewan yang bisa membawa manfaat bagi kesehatan mental.

BACA JUGA:   Waspada! Kurang Tidur Dari Lima Jam Berpotensi Terkena Penyakit Kronis

Bahkan hanya dengan mendengarkan kicauan burung, melihat burung, atau menjumpai burung bisa membantu memperbaiki suasana hati pada orang yang depresi dan juga populasi umum.

Studi ini melibatkan sekitar 1.300 partisipan di Inggris, Eropa, Amerika Serikat, Australia, dan China.

Selama studi berlangsung, para partisipan diminta menggunakan sebuah aplikasi ponsel pintar bernama Urban Mind.

Para partisipan setiap hari diminta untuk mencatat perasaan mereka di hari itu di aplikasi. Para partisipan juga diminta untuk memberikan keterangan bila mereka melihat pohon, melihat burung, atau mendengar kicauan burung.

BACA JUGA:   Terbukti, Buah Pisang Dipercaya Ampuh Lawan Semua Varian Virus Corona

Hasil studi menunjukkan skor kesehatan mental para partisipan umumnya mengalami peningkatan ketika mereka melihat atau mendengar kicauan burung. Peningkatan skor ini juga terjadi pada partisipan yang terdiagnosis dengan depresi.

Terlait temuan ini, peneliti dari King’s College London, Prof Andrea Mechelli menilai pentingnya memiliki populasi burung yang sehat di tengah masyarakat. Situasi ini mungkin akan semakin bermanfaat di lingkungan perkotaan.

Untuk bisa memiliki populasi burung yang sehat, Prof Mechelli menilai perlu adanya lingkungan yang mendukung. Contohnya adalah lingkungan yang dikelilingi dengan tanaman atau pepohonan.

BACA JUGA:   Lima Tips Ini Mampu Jaga Fungsi Otak Agar Tetap Sehat

“Kita perlu merawat seluruh ekosistem di dalam kota-kota kita,” ujar Prof Mechelli seperti dilansir dari laman WebMD, Minggu (30/10/2022).

Sementara itu, Penulis Royal Society for the Protection of Birds’ Guide to Birdsong, Adrian Thomas menilai temuan dalam studi terbaru ini merupakan hal yang masuk akal.

Menurut Thomas, ada banyak orang yang memang merasakan ketenangan dan kesenangan setelah mendengarkan kicauan burung.

“Kita perlu mengatasi krisis alam dan memastikan bahwa alam tidak menjadi sunyi (dari kicauan burung),” ungkap Thomas. ***