METRO  

Selamat! Desa Wisata Barania Sinjai Kembali Raih Juara Pertama ADWI 2022 Kategori CHSE

Penganugerahan Desa Wisata Barania

Desa Wisata Barania Sinjai berhasil mengukir prestasi di sektor pariwisata. (Foto: Humas Sinjai) (Beritasinjai.com)

Jakarta, Beritasinjai.com – Desa Wisata (Dewi) Barania Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai, akhirnya berhasil mengukir prestasi di sektor pariwisata. Sebagai salah satu Desa di Indonesia yang masuk 50 besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Dewi Barania yang identik dengan destinasi wisatanya “Kampoeng Galung” ini sukses meraih juara pertama kategori Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE).

CHSE adalah salah satu dari 7 kategori penilaian ADWI 2022 yang dinilai dari aspek kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan.

Pengumuman hasil juara yang diraih Dewi Barania dilangsungkan melalui Malam Penganugerahan ADWI 2022 di Jakarta, Minggu (30/10/2022) malam.

BACA JUGA:   Kasus NET89, Atta Halilintar dan Reza Paten Diperiksa oleh Bareskrim Polri

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang hadir langsung menyaksikan penyerahan penghargaan tersebut, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh Dewi Barania.

Tidak hanya membanggakan Kabupaten Sinjai, ASA menilai Barania telah menjadi icon Desa wisata di Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebab mempunyai destinasi wisata yang unggul, sehat, bersih dan terjaga kelestarian alamnya.

“Sangat bangga dan bersyukur atas torehan prestasi yang diraih Desa Barania. Tentunya ini akan memajukan geliat pariwisata di Sinjai, bahkan di Sulawesi Selatan,” tuturnya.

BACA JUGA:   Menag Kecam Penembakan di New Zealand: Tak Berperikemanusiaan!

Dengan geliat pariwisata yang semakin baik di Kabupaten Sinjai kata ASA, akan berdampak pada peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

“Disamping itu juga kita manfaatkan geliat pariwisata ini untuk melihat potensi ekonomi kreatif yang bisa menjadi ciri khas ketika berwisata di Sinjai. Sekali lagi selamat untuk Desa Barania, telah membawa harum nama Sinjai di kancah nasional melalui pariwisata,” tutur salah satu Bupati termuda di Sulsel ini.

Sebelumnya, Dewi Barania telah menjalani proses yang panjang sehingga bisa menjadi satu dari 50 Desa wisata se-Indonesia yang menjalani visitasi atau penilaian langsung dari Kemenparekraf RI.

BACA JUGA:   Alhamdulillah, Korban Kebakaran di Bongki Terima Bantuan dari Dinsos Sinjai

Visitasi yang berlangsung pada tanggal 7-8 Oktober 2022 dihadiri oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua mewakili Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno.

Pada malam penganugerahan ADWI 2022 di Jakarta, Bupati ASA yang menghadiri acara tersebut didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Sinjai Tamzil Binawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Sinjai Dr. Yuhadi Samad, serta Ketua Tim Penggerak PKK Desa Barania Nurfida HS sekaligus pengelola wisata. (Tim Website)