Ingatki’ Zakat Fitrah Ta’ Rp26.250 Perorang

by

INJAI,BB – Jelang hari raya Idul Fitri, umat muslim diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah. Untuk warga Sinjai tahun ini 1437 Hijriah 2016 Masehi membayar kadar zakat fitrah sebesar Rp26.250 perorang.

Penetapan kadar zakat fitrah ini berdasar hasil rapat kordinasi penentuan zakat oleh Kantor Kementerian Agama Sinjai dan dinas terkait. Kadar zakat tahun ini diperoleh dari harga 3,5 liter beras.

“Zakat fitrah tahun ini untuk beras 3,5 liter perorang dan jika diuangkan Rp 7.500 x 3,5 liter. Maka nilai zakat fitrah ditetapkan Rp26.250 untuk pembagian zakat diserahkan kepada pengurus tiap kecamatan dan desa,” kata Mudarak, Kepala Kantor Kementerian Agama Sinjai seperti diberitakan Media Center Sinjai. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai dr Nikmat B Situru mengingatkan agar agar pengelolaan dana zakat harus sesuai dengan aturan yang ada.

“Dalam pembuatan SK harus berdasarkan aturan pemerintah, jadi kalau sudah ada edaran dari kementerian agama itu diikuti, tapi ingat intruksi presiden bahwa siapapun yang terindikasi menggunakan uang negara yang bukan pada tempatnya mulai dari nol sampai satu milyar rupiah mereka dipecat dengan tidak hormat,” Ujarnya.

Turut hadir Kabag Kesra Setdakab Sinjai Andi Ikbal S.Sos, Ketua MUI Sinjai, perwakilan Polres Sinjai dan Kodim 1424 Sinjai.(L2/Media Center)