Fenomena Gerhana Bulan Total Bakal Terjadi di Sejumlah Daerah

Puncak Gerhana Bulan Total

Fenomena Gerhana Bulan Total. (Foto: Dok. Net/PMJ News) (Beritasinjai.com).

Jakarta, Beritasinjai.com – Masyarakat Jawa Barat dan sejumlah daerah lain bakal fenomena alam yang jarang terjadi akhir-akhir ini.

Pada malam puncak gerhana bulan total kembali terjadi pada 8 November 2022, pukul 17.59 WIB. Masyarakat Jawa Barat sejumlah daerah lain bakal melihatnya.

Seperti dikutip Beritasinjai.com dari laman PMJ News. Kementerian Agama pun mengimbau umat Islam untuk melakukan salat khusuf atau shalat gerhana seiring dengan fenomena alam tersebut.

BACA JUGA:   14 Tahun Terbunuhnya Munir, Polri Didesak Bentuk Tim Khusus

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat (4/11/2022) menerangkan.

Fenomena Gerhana Bulan Total. (Foto: Dok. Net/PMJ News) (Beritasinjai.com).

“Pelaksanaan salat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing,” terangnya.

Kamaruddin melanjutkan, seruan untuk menggelar salat gerhana sudah disampaikan kepada para Kepala Kanwil Kemenag untuk diteruskan kepada jajarannya lain di bawahnya.

Seperti, aparatur pemerintah daerah, ulama, sampai imam masjid.

“Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, dan mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” tuturnya.

Menurut data astronomis, gerhana bulan total akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Gerhana bulan total di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18.42 WIB.

BACA JUGA:   Selebriti Hollywood Anne Hathaway Jadi Pembicara di B20 Summit Bali

Sedangkan, di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat gerhana pada waktu puncak gerhana, yaitu 17.59 WIB.

Kemudian, wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, gerhana bisa dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17.16 WIB/18.16 WITA/19.16 WIT. ***