Lima Tips Ini Mampu Jaga Fungsi Otak Agar Tetap Sehat

Terapkan Pola Hidup Sehat

Aktivitas membaca membantu fungsi otak tetap sehat. (Foto: Dok. Net/PMJ News) (Beritasinjai.com).

Beritasinjai.com Menjaga kesehatan otak sejak dini sangat penting. Sebagai salah satu jaringan yang paling aktif secara metabolik di dalam tubuh kita, otak menggunakan sejumlah besar energi untuk aktivitas sehari-hari.

Seiring bertambahnya usia, organ dalam tubuh manusia memiliki kemunduran, termasuk fungsi otak akan berkurang.

Seperti dikutip Beritasinjai.com dari laman PMJ News. Otak adalah organ yang sangat penting untuk bisa melakukan dan menjalankan fungsi tubuh.

Otak juga memiliki fungsi kognitif yang merupakan fungsi kompleks pada otak manusia, yang melibatkan aspek memori, baik jangka pendek atau jangka panjang, perhatian, perencanaan, dan nalar serta strategi dalam berfikir dari seseorang.

Untuk menjaga fungsi otak dari gangguan kognitif yang mungkin akan terjadi di masa tua.

Berikut lima cara yang dapat membantu menjaga fungsi otak tetap sehat saat seiring bertambahnya usia.

BACA JUGA:   Lima Tips Hidup Sehat Ini Buat Tubuhmu Jauh Dari Penyakit
Aktivitas membaca membantu fungsi otak tetap sehat. (Foto: Dok. Net/PMJ News) (Beritasinjai.com).

1. Lakukan Aktivitas Otak
Para ilmuwan telah menemukan bahwa aktivitas otak merangsang koneksi baru antara sel-sel saraf dan bahkan dapat membantu otak menghasilkan sel-sel baru, dan memberikan perlindungan terhadap kehilangan sel di masa depan (masa tua).

Setiap aktivitas yang merangsang mental akan membantu membangun aktivitas otak kamu. Salah satu contoh aktivitasnya seperti membaca, mengikuti kursus, mencoba senam mental, memecahkan teka-teki kata, atau mengerjakan soal matematika.

BACA JUGA:   Kenali Lima Tanda Ini Agar Terhindar Dari Serangan Jantung

2. Lakukan Latihan Fisik
Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan otot atau melakukan aktivitas otot kamu akan membantu melatih otak dan pikiran kamu.

Olahraga juga memacu perkembangan sel saraf baru dan meningkatkan koneksi antar sel otak. Hal ini menghasilkan otak yang lebih efisien, mudah diatur, dan adaptif. Hal ini menyebabkan otak memiliki kinerja lebih baik pada hewan yang menua.

3. Perbaiki Pola Makan
Nutrisi yang baik dapat membantu pikiran dan tubuh kamu. Misalnya, orang yang melakukan diet miditerania, yaitu orang yang hanya mengonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan dan sumber protein nabati, cenderung otaknya tidak mengalami gangguan kognitif.

BACA JUGA:   Bahaya! Sosmed Bisa Mematikan

4. Menjaga Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi di usia tua, meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif di usia tua. Jaga tekanan darah kamu jangan sampai mengalami darah tinggi atau darah rendah.

Menjaga tekanan darah, bisa dilakukan dengan cara, menjaga badan agar tetap ideal (tidak terlalu gendut dan tidak terlalu kurus), minum air yang cukup.

5. Jaga Emosi
Orang yang cemas, Depresi, kurang tidur atau kelelahan cenderung mendapat hasil tes buruk pada fungsi kognitifnya otaknya. Sebaiknya, jaga kesehatan mental kamu agar otak masih optimal di masa tua. ***