Berikut Nama Tokoh Gelar Pahlawan Nasional yang Dianugerahi Presiden Jokowi

Gelar Tokoh Pahlawan

Presiden Jokowi menganugerah gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres) (Beritasinjai.com).

Jakarta, Beritasinjai.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan anugerah gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Penganugerahan gelar pahlawan atau gelar kepada tokoh-tokoh bangsa kembali berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Gelar pahlawan nasional diberikan kepada kelima tokoh bangsa ini diberikan berdasarkan Keputusan Presiden No 96/TK Tahun 2022 tentang penganugerahan gelar pahlawan nasional.

BACA JUGA:   Selamat! Desa Wisata Barania Sinjai Kembali Raih Juara Pertama ADWI 2022 Kategori CHSE

Acara yang digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ini dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan surat keputusan presiden mengenai penganugerahan gelar pahlawan nasional.

Berikut daftar lima tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional:

1. DR dr HR Soeharto dari Jawa Tengah
2. KGPAA Paku Alam VIII yang merupakan Raja Paku Alam pada 1937-1989
3. dr Raden Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat
4. H Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara
5. KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat.

BACA JUGA:   Bupati ASA Serahkan 211 SK Pengangkatan PPPK Tahap II Formasi 2021

Sebelumnya, Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud Md selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (3/11/2022).

“Hari ini Bapak Presiden memutuskan tahun ini memberikan lima (gelar pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa,” ujar Mahfud seperti dikutip dari keterangan pers Sekretariat Presiden.

BACA JUGA:   Jokowi Minta ASEAN Tangani Masalah Muslim Rohingya di Rakhine State

“(Kelima tokoh bangsa) telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat,” sambungnya. ***