Ini Empat Tips dari BPBD DKI Guna Antisipasi Cuaca Ekstrim

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengimbau masyarakat untuk siap siaga. (Foto: Dok Net/PMJ News) (Beritasinjai.com).

Jakarta, Beritasinjai.com – Cuaca ekstrim kemungkinan bakal terjadi dari beberapa wilayah, tekhusus di DKI Jakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengimbau masyarakat untuk siap siaga menghadapi kondisi seperti ini.

Dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi. Antara lain, banjir, pohon tumbang, angin kencang, sampai tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menjelaskan kondisi cuaca ekstrem diperkirakan masih berlangsung sampai akhir 2022.

Dengan puncaknya pada bulan Januari-Februari 2023.

Meski begitu, dirinya menyebutkan dalam kurun waktu seminggu terakhir saja, sudah terjadi beberapa peristiwa pohon tumbang.

BACA JUGA:   Ini Dia Bakal Calon Bupati di Pilkada Sinjai 2018

“Menurut data Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI, terjadi sebanyak 24 kejadian pohon tumbang dengan perincian, Jakarta Selatan sebanyak 23 kejadian dan Jakarta Utara sebanyak satu kejadian dalam kurun waktu 3-9 November 2022,” ujarnya, dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (15/11/2022).

“Pada Kamis (10/11/2022) sore kemarin juga terjadi pohon tumbang di halaman Balai Kota akibat hujan yang disertai angin kencang,”  tambahnya.

Karena itu, BPBD DKI bergerak cepat memperkuat koordinasi dalam rangka mengantisipasi bencana hidrometeorologi dengan instansi terkait.

BACA JUGA:   Menag Kecam Penembakan di New Zealand: Tak Berperikemanusiaan!

Yakni Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut), dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat).

Selain itu, BPBD DKI juga bekerjasama dengan Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), PLN, PAM Jaya, dan instansi terkait lainnya.

Di kesempatan yang sama, Isnawa pun menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar siap menghadapi cuaca ekstrem di Jakarta.

Berikut empat tips dari BPBD kepada warga Ibu Kota:

1.Siapkan perlindungan diri bagi masyarakat yang sering beraktivitas di luar ruangan, seperti membawa payung, jaket, topi, ataupun jas hujan.

BACA JUGA:   Selamat, Dua Tahun Berturut-turut Bupati ASA Raih Penghargaan Pembina Proklim

2.Bagi para pejalan kaki dan pengguna kendaraan agar menjauhi area sekitar saluran air atau gorong-gorong terbuka untuk menghindari terjadinya kejadian terperosok.

3.Masyarakat agar rutin memantau informasi cuaca yang disampaikan BPBD DKI melalui website bpbd.jakarta.go.id dan media sosial BPBD, seperti instagram, twitter, facebook, dan telegram.

4.Manfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemprov DKI Jakarta dengan telepon ke nomor 112, dan gunakan aplikasi JAKI untuk melaporkan kejadian banjir/genangan yang terjadi di sekitarnya. ***